Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

TIps Membeli Laptop Bekas

Tips Membeli Laptop Bekas – Laptop memang sebuah alat gadget yang sangat dibutuhkan, apalagi dalam masa-masa Lockdown seperti ini.

Laptop lebih banyak di pakai oleh orang-orang yang bekerja di rumah (WFH) dan banyak juga yang digunakan oleh para Pelajar (SCH) di masa pandemic ini.

Tidak semua orang dapat membeli Laptop baru, pasalnya kondisi ekonomi semasa pandemic jadi sangat menurun.

Nah banyak orang yang lebih membeli Laptop bekas ketimbang Laptop baru karena dananya tidak mencukupi. Banyak toko-toko Komputer atau perorangan yang menjual laptop-laptop bekas, Agar terhindar dari modus penipuan kamu harus ketahui Tips Membeli Laptop Bekas berikut ini.

Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

1. Harga

Harga Laptop

Hal terpenting sebelum membeli Laptop Bekas adalah Harga, Harga Laptop bekas memang bervariasi tergantung dari Spesifikasi yang di tawarkan.

Banyak dari para penjual Laptop online yang bisa di bilang tidak masuk akal, Laptop bekas memang mempunyai harga jual yang sangat murah. Namun kamu juga jangan langsung tergiur ketika melihat harga murah, kamu harus bandingkan harga dari laptop bekas tersebut dengan laptop baru dan bekas dengan merk yang sama.

Hal ini dapat membantu anda dalam mengetahui nilai Harga dari Laptop tersebut seuai di pasaran atau tidak. Kamu juga harus tanyakan umur dari Laptop tersebut, Apakah masih memiliki garansi atau tidak kepada penjual tersebut.

Tentunya dari Harga Jual sudah pasti menentukan spesifikasi dari Laptop bekas tersebut, kamu bisa bandingkan spesifikasi Laptopnya dan cek harga dari Laptop bekas maupun yang barunya. Apakah harganya sesuai dengan yang lainnya.

2. Mengecek Kondisi Laptop Bekas

Kondisi Laptop Bekas

Hal yang paling wajib agar tidak tertipu oleh penjual adalah mengecek kondisi dari Laptop bekas tersebut. Tentunya saat kamu membeli Laptop tidak ingin tertipu karena barang rusak Bukan? Nah hal tersebut bisa terhindar jika kamu mengecek kondisi Laptop bekas tersebut.

Berikut ini ada langkah yang harus kamu ikuti dalam mengecek Laptop:

1. Kondisi Mesin

Kondisi Mesin Laptop Bekas

Hal pertama yang kamu lakukan adalah mengecek kondisi mesin, nyalakan mesin laptop terlebih dahulu apakah Laptop tersebut hidup atau tidak dan pastikan juga kalau suara mesin laptop tidak bising serta suara mesin laptop terdengar halus.

2. Kondisi Layar

Kondisi Layar Laptop Bekas

Hal kedua adalah kamu harus mengecek Kondisi Layar apakah menyala atau tidak. Ketika di nyalakan kamu harus coba melihat apakah ada bercak putih atau hitam di sekitar layar, apakah ada dead pixels.

3. Kondisi Baterai

Kondisi Baterai Laptop Bekas

Hal ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah Kondisi Baterai, sering kali orang-orang membeli laptop tidak mengecek kondisi Baterai. Nah dalam mengecek kondisi cukup mudah kamu bisa tanyakan langsung atau mencoba perintah CMD dengan tombole Ctrl + Shift + Enter lalu ketikan powercfg/batteryreport dan tekan enter.

4. Kondisi Bodi Laptop

Bodi Laptop Bekas

Mungkin tidak semua orang memperdulikan mengenai kondisi Bodi Laptop, namun kamu harus coba mengecek apakah ada bagian Bodi Laptop yang lecet ataupun pecah.

5. Kondisi Touchpad

Touchpad Laptop

Cek Kondisi Touchpad apakah masih berfungsi atau tidak, Sebelum kamu membeli Laptop pastikan jika kondisi Touchpad dari Laptop bekas yang ingin kamu beli masih berfungsi.

6. Kondisi Harddisk

Harddisk Laptop

Harddisk memang jadi komponen penting dalam Laptop, tanpa ada Harddisk kamu tidak akan bisa menghidupkan Laptop karena data OS berada dalam Harddisk. Jika ingin mengecek kondisi Harddisk Laptop apakah masih sehat atau tidak? Dengan cara mengcopy file-file besar, jika mengcopy di sesama Harddisk durasinya lama bisa dikategorikan kalau Harddisk Laptop tersebut mengalami Bad Sector.

7. Kondisi Speaker

Speaker Laptop

Speaker Laptop juga harus kamu cek kondisinya, apakah ada suara yang mengganggu atau tidak. Coba setel lagu atau video dan dengarkan suara dari Laptop tersebut.

8. Kondisi Keyboard

Keyboard Laptop

Hal terpenting terakhir ialah mengecek Keyboard utama dari laptop, coba ketikan berbagai kata ataupun nomor entah itu di word maupun notepad.

3. Garansi

Garansi

Setelah mengecek kondisi-kondisi Laptop secara menyeluruh, kamu harus tanyakan mengenai garansi dari Laptop tersebut. Jika kamu membeli di Toko Komputer, kamu harus tanyakan Garansi berapa lama untuk Laptop yang kamu beli. Sedangkan untuk membeli Online kamu harus tanyakan apakah Laptop masih dalam Garansi resmi dan garansi pribadi atau tidak.

4. Membeli Laptop Bekas Online

Laptop

Rata-rata orang banyak yang tertipu dalam membeli Laptop Bekas secara bekas, alih-alih mendapatkan laptop malah kamu yang gigit jari akibat tertipu oleh sebagian orang yang punya niat jahat.

Untuk itulah kamu jangan langsung tertarik saat melihat laptop bekas mempunyai harga yang sangat miring dari harga pasarannya.

Jika kamu penasaran apakah seller tersebut berniat menipu atau tidak, tanyakan untuk menjualnya dengan sistem Rekber di E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, dan sebagainya.

Tanya penjual juga untuk melakukan COD jika daerah penjual dan daerah kamu masih di kota yang sama, jika penjual menerima sistem COD. Ajak penjual ke titik temu di pertengahan diantara daerah penjual dan kamu, serta pastikan saat COD berada di daerah ramai.

Jangan lupa mengecek Kondisi Laptop dari penjual, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Penutup

Nah itu lah Tips-Tips dalam membeli Laptop Bekas secara Offline maupun Online agar tidak tertipu dari oknum-oknum nakal dari penjual Laptop bekas. Kamu memang harus lebih berhati-hati dalam membeli Laptop entah itu baru atau tidak. Sekian dari TVGlass Techno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *